Rss

Tentang BeeComics

Foto saya

Komik bagi sebagian orang dipandang sebagai hal yang negatif. Padahal sebenarnya didalam proses menghasilkan sebuah komik dibutuhkan bukan hanya kemampuan menggambar saja, namun lebih kompleks seperti menghidupkan gambar melalui sebuah kata-kata (scriptor), merangkai gambar menjadi cerita (story telling), memberikan emosi melalui karakter tubuh (character), pewarnaan gelap (inker), pergerakan (movement), selera (taste), rasa (feeling.), dll.

Bagi sebagian orang menggambar komik juga dipandang hanya sebagai hobby saja dan tidak lebih. Padahal komik di beberapa negara besar seperti Amerika, Jepang, dan negara-negara maju lainnya sudah menjadi sebuah industri besar, yang menghasilkan tokoh-tokoh komik besar seperti X-men, Superman, Batman, Disney, Spiderman, Dragon Ball, Samurai X, SailorMoon, Steam Boy, Tiger Wong dll

A. Siapa itu Beecomics?
Animo penggemar komik di Indonesia besar, terbukti dengan banyak macamnya buku-buku komik buatan Jepang yang dijual di toko-toko buku serta bermunculannya film-film animasi di televisi.

Beecomics adalah sebuah sekolah komik pertama di Surabaya yan mengajarkan tentang bagaimana cara membuat komik dengan baik dan benar, bentuk tokoh, memberikan emosi pada tokoh agar lebih hidup, membentuk karakter, lebih kompleksnya bagaimana membuat sebuah cerita secara jelas melalui gambar-gambar komik dari segala aliran baik itu aliran manga, USA mapun bebas. Dan diharapkan siswa nantinya bisa menciptakan gaya/style sendiri . Membahasakan sebuah makna dalam bentuk visual, sehingga mudah dipahami. Beecomics juga memperkenalkan karya-karya siswa ke dunia luar, melalui media website.

Selasa, 30 Maret 2010

Poporsi tubuh manusia

Selamat datang di Beecomics Surabaya Comics Schools, banyak sekali teman-teman pecinta komik yang sedang belajar membuat komik saat membuat karakter selalu saja mengalami kesulitan untuk membuat proporsi tubuh yang bagus dan sempurna, terkadang ada yang kepalanya lebih besar dari tubuh atau ada bagian-bagian tubuh yang lebih besar atau panjang, nah untuk mengatasi itu saat ini beecomics akan membahas bagaimana caranya membuat proporsi tubuh manusia dengan baik dan benar.

Paling tidak untuk di ingat jangan pernah meremehkan sketsa kerangka/stick man, karena dengan bantuan itulah kita bisa membuat gambar karakter degan proporsi yang sempurna.


Disini bisa dilihat beberapa contoh type2/jenis gambar komik untuk gambar
No.1 Comical Karakter (Style barat seperti, lukcy luck, Waly Disney karakter), No.2 SD Karakter/Chibi karakter, No.3 Bishojo karakter ( Style manga yang biasa di gunakan untuk serial cantik), seperti yang dilihat disana gambar tersebut terlihat garis-garis pembatas, disini coba diperhatikan antara kepala dan badan, untuk proporsi yang benar untuk ukuran badan darileher sampai kaki harus ada 6 ukuran kepala, jadi setelah kita buat kepala dari karakter itu..kita ukur, dari leher sampai kaki kurang lebih harus ada 6 kepala, dengan bantuan ini di jamin kalian tidak akan menggambar karakter yang kepalanya lebih besar dari pada badan.

Untuk teknik menggambarnya, supaya bagus untuk menggambar sketsa stickman/kerangka gunakanlah pensil dengan type H, baru setelah hasil akhir/finishingnya gunakan pensil dengan type B. Ingat jangan pernah kawatir salah dalam menggambar atau hasilnya jelek, selama kalian terus belajar dan latian, gambar kalian akan semakin bagus. Di dalam latihan ini mungkin untuk mempermudah, kami sertakan video tutorial yang kebetulan kami sertakan melewati fasilitas youtube. Selamat mencoba, kalo ada pertanyaan silahkan kirim ke E-mail : beecomics@gmail.com, atau mungkin ingin konsultasikan gambar anda silahkan kirim karya anda dan pertanyaan yang ingin disampaikan.

Sampai disini, sekian terima kasih


0 komentar: