Rss

Tentang BeeComics

Foto saya

Komik bagi sebagian orang dipandang sebagai hal yang negatif. Padahal sebenarnya didalam proses menghasilkan sebuah komik dibutuhkan bukan hanya kemampuan menggambar saja, namun lebih kompleks seperti menghidupkan gambar melalui sebuah kata-kata (scriptor), merangkai gambar menjadi cerita (story telling), memberikan emosi melalui karakter tubuh (character), pewarnaan gelap (inker), pergerakan (movement), selera (taste), rasa (feeling.), dll.

Bagi sebagian orang menggambar komik juga dipandang hanya sebagai hobby saja dan tidak lebih. Padahal komik di beberapa negara besar seperti Amerika, Jepang, dan negara-negara maju lainnya sudah menjadi sebuah industri besar, yang menghasilkan tokoh-tokoh komik besar seperti X-men, Superman, Batman, Disney, Spiderman, Dragon Ball, Samurai X, SailorMoon, Steam Boy, Tiger Wong dll

A. Siapa itu Beecomics?
Animo penggemar komik di Indonesia besar, terbukti dengan banyak macamnya buku-buku komik buatan Jepang yang dijual di toko-toko buku serta bermunculannya film-film animasi di televisi.

Beecomics adalah sebuah sekolah komik pertama di Surabaya yan mengajarkan tentang bagaimana cara membuat komik dengan baik dan benar, bentuk tokoh, memberikan emosi pada tokoh agar lebih hidup, membentuk karakter, lebih kompleksnya bagaimana membuat sebuah cerita secara jelas melalui gambar-gambar komik dari segala aliran baik itu aliran manga, USA mapun bebas. Dan diharapkan siswa nantinya bisa menciptakan gaya/style sendiri . Membahasakan sebuah makna dalam bentuk visual, sehingga mudah dipahami. Beecomics juga memperkenalkan karya-karya siswa ke dunia luar, melalui media website.

Kamis, 16 September 2010

Hari Maraton ngomik 24 jam sedunia

Acara 24 Hour Comics Day atau Hari Komik 24 Jam merupakan acara internasional di mana komikus-komikus di seluruh dunia berusaha menciptakan komik setebal 24 halaman dalam jangka waktu 24 jam non-stop secara serentak.

Selama acara berlangsung, reportase beserta halaman-halaman naskah yang sudah jadi di-upload ke situs web untuk menyambungkan dengan panitia pusat di Amerika dan para komikus lain di seluruh dunia. Di akhir acara, fotokopi karya-karya akan dikirimkan ke Ohio State Library untuk dokumentasi. Tantangan ini datang dari Scott McCloud (Understanding Comics, Reinventing Comics, Making Comics) dan Nat Gertler. Dua komikus asal Amerika itu penggagas acara ngomik seharian ini. Bahkan McCloud telah menerbitkan beberapa buku kompilasi yang menampung 24 karya terbaik para komikus yang sudah ikutan 24 Hours Comics Day. Di tahun 2006, karya Tita Larasati (Curhat Tita) terpilih sebagai Best 10.

Begadang Rame-rame di Circle Cafe

Acara ini kini hadir di surabaya disini Beecomics sebagai penyelenggara bekerja sama dengan Circle Cafe khusus untuk menyelenggarakan event bergengsi ini. Khusus untuk acara ini, Circle Cafe yang beralamatkan di
jl. Bawean 39 Surabaya  buka sepanjang hari Sabtu tanggal 2 oktober sampai Minggu 3 Oktober 2010 untuk para peserta. Kami menyediakan kursi, meja, tempat beristirahat, makanan dan minuman, kertas naskah serta pemutaran animasi selama 24 jam penuh.

Siapa Saja yang bisa ikut

Siapa pun yang tertarik, tertantang rame-rame membuat 24 halaman komik dalam 24 jam bisa ikut! Merasa nggak bisa gambar? Tidak masalah meskipun kamu cuma bisa menggambar stickfigures, selama kamu senang membuatnya... Enjoy aja! yang penting ceritanya menarik.

Gaya dan teknik yang diterapkan pun bermacam-macam, mulai komik hitam putih, berwarna, komik CG,photocomics, montase, komik humor, laga, superhero, autobiografi, manga dll.dan apabila ingin komik digital di harapkan membawa laptop sendiri ya..
Untuk peserta dibawah usia 17 tahun harus mendapat ijin dari orang tua/ wali baru di perbolehkan ikut acara ini.

Cara ikutan

  1. Isi formulir pendaftaran yang ebrada di Beecomics atau di circle cafe
  2. Datang ke Circle Cafe untuk menyerahkan formulir dan membayar tiket pendaftaran Rp. 50.000 selambat-lambatnya tanggal 1 Oktober 2010.Biaya tiket sudah termasuk makan siang, malam, pagi, kertas naskah, dokumentasifotokopi dan pengiriman naskah ke panitia pusat.
  3. Melalui Email kirim data diri anda nama, alamat, no tlp, asal sekolah/lembaga loro, ke Beecomics@gmail.com dan uang pendaftaran bisa di transfer ke rekening BCA 4650273066 an eria andi anggoro.Bukti transfer bisa di faxkan ke 031-8537720 atau di kirim melalui email
Persiapan 24 Hour Comics day
  1. Perserta bebas membawa dan menggunakan materi gambar seperti pensil, pena, bolpen,kuas, pensil warna, dll.
  2. Kenakan pakaian yang nyaman dan bersih usahakan memakai kaos
  3. toiletries pribadi: sikat & pasta gigi dll apabila diperlukan
  4.  Boleh membawa music player tapi gunakan earphone ya
  5.  Pastikan ada yang mengantar jemput kamu pulang atau gunakan transportasi umum. Kami
  6. Untuk makanan dan kopi sudah tersedia di Cafe.
buruan daftar sekarang juga tempat terbatas untuk informasi bisa ubungi 031-60217711,031-83313111
tidak menyarankan kamu mengemudi kendaraan sendiri setelah terjaga selama 24 jam.

1 komentar:

UshiiUshiiUsagi Utsukushi~ UvU mengatakan...

wow....kalo anak umur 10 tahun boleh ikut ya??