Rss

Rabu, 28 April 2010

CMYK & RGB ( Digital Coloring)

Dalam dunia grafis kita mengenal dua jenis istilah warna, yaitu warna RGB ( Red Gren Blue) dan warna CMYK (Cyan MagentaYellow Black ). Warna yang tampak pada monitor komputer adalah warna RGB, sedangkan warna yang tampak pada hasil cetakan adalah warna CMYK.

Perpaduan antara warna-warna RGB dan CMYK akan menghasilkan beberapa jenis warna yang berbeda-beda atau yang disebut juga dengan istilah gamut warna. Warna RGB mempunyai gamut warna yang lebih luas dibandingan dengan warna CMYK. hal ini cukup menjelaskan mengapa warna yang tampak pada monitor ketika dicetak hasilnya tidak selalu sama dengan apa yang kita liahat pada monitor, Oleh karena itu untuk mewarnai karakter/komik, disini kita harus hati-hati. Maka dari itu di butuhkan ICC profile untuk meyamakan dengan monitor dengan hasil cetakan, yg profilena disesuaiikan dengan jenis monitor dan jenis printer/mesin cetaknya.

Keterbatasan gamut warna juga terdapat pada mesin cetak. Setiap mesin cetak(offset) mempunyai gamut warna yang berbeda engan mesin cetak lainnya. umumnya mesin cetak menggunakan standard 4 warna, yaitu CMYK. oleh karena itu, designer/komikus harus menyesuaikan warnayang digunakan pada desainya dengan standard warna percetakan (color charf). karena jika warna yang digunakan dalam desainnya berada diluar gamut warna yang dimiliki mesin cetaknya, maka akan seulit sekali mencapai warna yang di inginkan.

0 komentar: