Rss

Tentang BeeComics

Foto saya

Komik bagi sebagian orang dipandang sebagai hal yang negatif. Padahal sebenarnya didalam proses menghasilkan sebuah komik dibutuhkan bukan hanya kemampuan menggambar saja, namun lebih kompleks seperti menghidupkan gambar melalui sebuah kata-kata (scriptor), merangkai gambar menjadi cerita (story telling), memberikan emosi melalui karakter tubuh (character), pewarnaan gelap (inker), pergerakan (movement), selera (taste), rasa (feeling.), dll.

Bagi sebagian orang menggambar komik juga dipandang hanya sebagai hobby saja dan tidak lebih. Padahal komik di beberapa negara besar seperti Amerika, Jepang, dan negara-negara maju lainnya sudah menjadi sebuah industri besar, yang menghasilkan tokoh-tokoh komik besar seperti X-men, Superman, Batman, Disney, Spiderman, Dragon Ball, Samurai X, SailorMoon, Steam Boy, Tiger Wong dll

A. Siapa itu Beecomics?
Animo penggemar komik di Indonesia besar, terbukti dengan banyak macamnya buku-buku komik buatan Jepang yang dijual di toko-toko buku serta bermunculannya film-film animasi di televisi.

Beecomics adalah sebuah sekolah komik pertama di Surabaya yan mengajarkan tentang bagaimana cara membuat komik dengan baik dan benar, bentuk tokoh, memberikan emosi pada tokoh agar lebih hidup, membentuk karakter, lebih kompleksnya bagaimana membuat sebuah cerita secara jelas melalui gambar-gambar komik dari segala aliran baik itu aliran manga, USA mapun bebas. Dan diharapkan siswa nantinya bisa menciptakan gaya/style sendiri . Membahasakan sebuah makna dalam bentuk visual, sehingga mudah dipahami. Beecomics juga memperkenalkan karya-karya siswa ke dunia luar, melalui media website.

Rabu, 28 April 2010

CMYK & RGB ( Digital Coloring)

Dalam dunia grafis kita mengenal dua jenis istilah warna, yaitu warna RGB ( Red Gren Blue) dan warna CMYK (Cyan MagentaYellow Black ). Warna yang tampak pada monitor komputer adalah warna RGB, sedangkan warna yang tampak pada hasil cetakan adalah warna CMYK.

Perpaduan antara warna-warna RGB dan CMYK akan menghasilkan beberapa jenis warna yang berbeda-beda atau yang disebut juga dengan istilah gamut warna. Warna RGB mempunyai gamut warna yang lebih luas dibandingan dengan warna CMYK. hal ini cukup menjelaskan mengapa warna yang tampak pada monitor ketika dicetak hasilnya tidak selalu sama dengan apa yang kita liahat pada monitor, Oleh karena itu untuk mewarnai karakter/komik, disini kita harus hati-hati. Maka dari itu di butuhkan ICC profile untuk meyamakan dengan monitor dengan hasil cetakan, yg profilena disesuaiikan dengan jenis monitor dan jenis printer/mesin cetaknya.

Keterbatasan gamut warna juga terdapat pada mesin cetak. Setiap mesin cetak(offset) mempunyai gamut warna yang berbeda engan mesin cetak lainnya. umumnya mesin cetak menggunakan standard 4 warna, yaitu CMYK. oleh karena itu, designer/komikus harus menyesuaikan warnayang digunakan pada desainya dengan standard warna percetakan (color charf). karena jika warna yang digunakan dalam desainnya berada diluar gamut warna yang dimiliki mesin cetaknya, maka akan seulit sekali mencapai warna yang di inginkan.

0 komentar: