Rss

Tentang BeeComics

Foto saya

Komik bagi sebagian orang dipandang sebagai hal yang negatif. Padahal sebenarnya didalam proses menghasilkan sebuah komik dibutuhkan bukan hanya kemampuan menggambar saja, namun lebih kompleks seperti menghidupkan gambar melalui sebuah kata-kata (scriptor), merangkai gambar menjadi cerita (story telling), memberikan emosi melalui karakter tubuh (character), pewarnaan gelap (inker), pergerakan (movement), selera (taste), rasa (feeling.), dll.

Bagi sebagian orang menggambar komik juga dipandang hanya sebagai hobby saja dan tidak lebih. Padahal komik di beberapa negara besar seperti Amerika, Jepang, dan negara-negara maju lainnya sudah menjadi sebuah industri besar, yang menghasilkan tokoh-tokoh komik besar seperti X-men, Superman, Batman, Disney, Spiderman, Dragon Ball, Samurai X, SailorMoon, Steam Boy, Tiger Wong dll

A. Siapa itu Beecomics?
Animo penggemar komik di Indonesia besar, terbukti dengan banyak macamnya buku-buku komik buatan Jepang yang dijual di toko-toko buku serta bermunculannya film-film animasi di televisi.

Beecomics adalah sebuah sekolah komik pertama di Surabaya yan mengajarkan tentang bagaimana cara membuat komik dengan baik dan benar, bentuk tokoh, memberikan emosi pada tokoh agar lebih hidup, membentuk karakter, lebih kompleksnya bagaimana membuat sebuah cerita secara jelas melalui gambar-gambar komik dari segala aliran baik itu aliran manga, USA mapun bebas. Dan diharapkan siswa nantinya bisa menciptakan gaya/style sendiri . Membahasakan sebuah makna dalam bentuk visual, sehingga mudah dipahami. Beecomics juga memperkenalkan karya-karya siswa ke dunia luar, melalui media website.

Selasa, 04 Oktober 2011

24 Hour Comics Day Surabaya

Tahun ini 24 Hour Comics Day hadir di Surabaya dan kali ini Beecomics sebatai panitia yang sudah mendapat persetujuan oleh panitia 24 Hour Comics Day pusat dan Comicspro, melaksanakan event ini di Magnetzone. Acara di mulai pukul 10.00 WIB tetapi para peserta sudah mulai berdatangan sebelum itu, Tepat pukul 09.30 panitia melakukan daftar ulang dan para peserta mencari tempat duduk yang nyaman untuk mereka, disini ada tiga ruangan yang di gunakan, ruangan utama dan 2 ruangan lesehan.
 Tepat jam 10.00 peserta sudah di mulai untuk menggambar, di awal-awal jam semua terlihat serius dan bersemangat untuk segera menyelesaikan sesuai dengan yang di minta yaitu 24 halaman, disini semua masih tidak beranjak dari tempat duduknya, hening para peserta sedang sibuk dengan menuangkan ide-idenya di atas kertas yang masih putih.

Total seluruh peserta yang ikut di 24hcd Surabaya ini berjumlah 26 Peserta dan peserta paling muda adalah SD kelas 5, yang hanya ingin tau merasakan event ini walau tidak sampai 24 jam, disini peserta mayoritas Pelajar dan Mahasiswa. Sedangkan yang sudah bekerja cuma ada 3 peserta.

Tepat pukul 12.00 siang panitia menghentikan  dahulu para peserta untuk menggambar karena sudah waktunya untuk makan siang dan sholat untuk bagi yang melaksanakan dan istirahat makan siang ini hanya berlangsung selama 30 menit, setelah itu mereka lanjut lagi untuk mengerjakan komik mereka masing-masing.. Hari semakin sore dan detik jam terus melangkah maju semakin sore beranjak malam, banyak sekali teman-teman dari peserta bedatangan untuk mensuport teman mereka yang sedang menggambar.tepat pukul 19.00 malam panitia menghentikan dulu aktifitas mereka untuk makan malam dan seperti halnya tadi siang panitia memberikan waktu cuma 30 menit untuk waktu istirahat. Di saat yang bersamaan lokasi 24hcd kedatangan tamu dari media lokal yang ingin meliput acara ini, terimakasih untuk Hardrock FM dan SBO TV yang sudah meliput acara kegiatan.





Tak terasa waktu pun semakin malam, disini lah seru nya acara dini dimana para peserta sudah mulai kelelahan dan mereka harus bisa melawan kelelahan tersebut, sehingga semula yang mereka duduk manis di tempat duduk masing-masing sudah mulai berpindah-pindah bahkan ada yang sebagian tertidur pulas


 
tetapi tidak semuanya tertidur bahkan ada yang masih tetap bersemangat dan masih tetap di tempat duduknya seperti saat pagi dadi, jadi selain tunuk makan dan kekamar mandi mereka tidak beranjak dari tempat duduknya







Jam dinding sudah semakin menunjukkan waktu pagi hari, disini mereka mulai resah dan ada beberapa peserta yang sudah menyerah sebelom jam yang di tentukan selesai, Sewaktu matahari mau muncul dari timur dan sinarnya sudahmulai beranjak terang beberapa peserta ada yang mulai panik, tapi ada pula yg tetap tenang dan berusaha untuk segera menyelesaikan komik yg mereka buat. Jam 7 panitia sudah menyediakan sarapan pagi berupa snack dan teh hangat.

Tiga jam telah berlalu..waktu sudah mendekati waktu yang sudah di tentukanpanitia untuk berhenti selesai tidak selesai seluruh karya haris di kumpulkan disini masing2 peserta yang mengikuti 24 Hour Comics Day mendapat merchandise dari Taxi Orenz , dari dari seluruh peserta akan di pilih 10 besar terbaik yg nantiny karyanya akan di pamerkan di Tunjungan Plaza 2 tanggal 28-30 Oktober, sedangkan dari 10 besar di pilih 4 terbaik yang akan menerima hadiah dari Taxi Orenz, Burgerman, Cirkel Cafe dan Beecomics. Sekian laporan dari panitia 24 HCD dan di bawah ini adalah penampakan peserta yang masih bertahan sampai titik darah penghabisan.

Sampai ketemu TAHUN DEPAN teman-teman...dan tetap berkarya....


0 komentar: