Rss

Tentang BeeComics

Foto saya

Komik bagi sebagian orang dipandang sebagai hal yang negatif. Padahal sebenarnya didalam proses menghasilkan sebuah komik dibutuhkan bukan hanya kemampuan menggambar saja, namun lebih kompleks seperti menghidupkan gambar melalui sebuah kata-kata (scriptor), merangkai gambar menjadi cerita (story telling), memberikan emosi melalui karakter tubuh (character), pewarnaan gelap (inker), pergerakan (movement), selera (taste), rasa (feeling.), dll.

Bagi sebagian orang menggambar komik juga dipandang hanya sebagai hobby saja dan tidak lebih. Padahal komik di beberapa negara besar seperti Amerika, Jepang, dan negara-negara maju lainnya sudah menjadi sebuah industri besar, yang menghasilkan tokoh-tokoh komik besar seperti X-men, Superman, Batman, Disney, Spiderman, Dragon Ball, Samurai X, SailorMoon, Steam Boy, Tiger Wong dll

A. Siapa itu Beecomics?
Animo penggemar komik di Indonesia besar, terbukti dengan banyak macamnya buku-buku komik buatan Jepang yang dijual di toko-toko buku serta bermunculannya film-film animasi di televisi.

Beecomics adalah sebuah sekolah komik pertama di Surabaya yan mengajarkan tentang bagaimana cara membuat komik dengan baik dan benar, bentuk tokoh, memberikan emosi pada tokoh agar lebih hidup, membentuk karakter, lebih kompleksnya bagaimana membuat sebuah cerita secara jelas melalui gambar-gambar komik dari segala aliran baik itu aliran manga, USA mapun bebas. Dan diharapkan siswa nantinya bisa menciptakan gaya/style sendiri . Membahasakan sebuah makna dalam bentuk visual, sehingga mudah dipahami. Beecomics juga memperkenalkan karya-karya siswa ke dunia luar, melalui media website.

Rabu, 25 Januari 2012

Choco Day 2011

Setelah acara 24 Hour Comics Day seledai, paintia 24hcd memilih 10 besar dari karya terbak peserta dan sebelum di kirimkan ke Amerika karya tersebut akan di pamerkan panitia di Tunjungan Plaza 2 lantai dasar, untuk memeriahkan acara tersebut Beecomics bekerja sama dengan beberapa komunitas Cosplay yaitu Seiryuu, CoJPGRess dan Dreamer mengadakan event cosplay dan pameran komik yang akhirnya diberi nama CoCo days. Event ini rencana akan di laksanakan 1 Tahun sekali.


Untuk memeriahkan acara di samping acara lomba-lomba cosplay dan Beecomics, salah satu tempat belajar menggambar komik , mengadakan pameran komik dan lomba menggambar karakter di acara ini. Komik-komik yang dipamerkan di area backstage Choco Days ini tak lain adalah karya-karya yang masuk sepuluh besar dalam acara 24 Hour Comic Days,


 

 Selain pameran komik, Beecomics juga mengadakan lomba menggambar karakter komik yang terbagi menjadi dua kategori, yakni kategori SD SMP dan kategori SMA Mahasiswa, menunjukkan kategori peserta yang bisa mengikutinya. Acara lomba ini diadakan pada hari kedua Choco Days yakni tanggal 28 Oktober 2011. Yang bertindak sebagai juri dalam lomba ini ada tiga orang, yakni dari pihak TP, Kojitsu, dan Beecomics sendiri. Kategori penilaian di lomba ini adalah proporsi tubuh, teknik/detail gambar, dan tingkat imajinasi dari yang menggambar. Untuk temanya sendiri peserta bebas mengekspresikan imajinasinya. Menggambar manusia, binatang atau monster juga terserah, dari sisi teknik pun peserta juga diperbolehkan memilih sendiri, mau menggunakan pensil saja atau sampai berwarna atau dengan teknik digital.


Karya para pemenang kategori SMA Mahasiswa, secara berurutan dari kiri ke kanan juara 1, 2, dan 3

Untuk kategori SMA mahasiswa, juara pertama diraih oleh Meldrick (salah satu anggota Dreamerz Cosplay Team) dengan karakter Cendrawasih Api penjaga busur arjuna. Juara dua diraih Lucky Eka Dharma Prasetya, mahasiswa Ubaya yang menggambar karakter pendekar bernama Kiki, dan juara tiga diraih oleh Rasyuqa Asyira Hafiidh, mahasiswa STIKOM dengan karakter rubah betina.



Karya para pemenang kategori SD SMP secara berurutan dari kiri ke kanan juara 1, 2, dan 3


Untuk kategori SD SMP, pemenang pertamanya adalah Sista Mutya Ataikanta dari SMPN 1 Surabaya, yang menggambar karakter sosok putri raja yang suka memelihara biawak. Sedangkan juara duanya adalah Kirana Santoso, sama-sama dari SMPN 1 Surabaya dengan gambar karakter anak laki memakai baju daerah Madura yang suka memelihara kucing. Dan juara ketiganya Elvira Rahma Andini dari SD Muhammadiyah 16, dengan karakter peri penjaga lingkungan yang bisa menghidupkan tanaman dan menjaga udara tetap bersih dari polusi. Penyerahan hadiah dan trofi kepada para pemenang dilakukan pada penutupan acara Choco Days di sela-sela saat Otaku Band beristirahat dari penampilannya



0 komentar: